Minggu, 31 Maret 2013

Teh Bunga Rosella

Posted by Unknown On 04.15 | 3 comments
 BUNGA ROSELLA
TEH BUNGA ROSELLA
Kenikmatan teh bunga rosella sudah tidak diragukan lagi. Rasanya berbeda dengan teh-teh  hijau yang beredar saat ini. Teh bunga rosella lebih terasa   segar, kecut  serta nikmat, sulit untuk diungkapkan tanpa mencoba untuk menikmati teh bunga rosella. Bunga rosella sudah diolah  menjadi berbagai produk kesehatan ( tablet),  serta  minuman (syrup). Alangkah baiknya Anda menikmati teh bunga rosella secara alami yaitu menyeduh langsung dari bunga rosella kering, bukan produk olahan.
Bunga rosella dalam bahasa latin bernama “Hisbiscus sabdariffa L”, dalam bahasa Inggris “roselle flower”. Di Indonesia terkenal dengan bunga rosella ( bunga rosella) atau teh merah (herbal).  Bunga rosella tumbuh banyak di daerah Asia terutama  Negara-negara Asia Tenggara. Bunga rosella digunakan sebagai teh sudah  lama, tetapi hanya pada daerah tertentu saja.
Dibalik kenikmatan teh bunga rosella terkandung banyak manfaatnya yang dapat kita ambil. Hal ini seperti halnya teh daun jati china yang bermanfaat untuk menjaga kelangsingan tubuh. Penelitian mengenai manfaat teh  bunga rosella sudah banyak dilakukan di universitas-universitas di Indonesia maupun universitas luar negeri. Semua hasil penelitian menunjukkan hasil yang sama yaitu manfaat teh bunga rosella sangat bagus.
Cara pembuatan  teh bunga rosella hampir sama denga teh hijau, teh hitam, serta teh oolong. Bunga rosella dipetik kemudian dikeringkan tetapi tidak diproses menjadi halus. Bunga rosella hanya dikeringkan saja.
Kandungan dari teh bunga rosella diantaranya:
Kandungan tinggi pada vitamin C, vitamin D, B1 dan B2.  Teh rosella juga mengandung kalsium yang  tinggi sekitar 486 mg / per 100 gr. The rosella  juga mengandung magnesium, Omega 3 , Vitamin A, Iron, potasium, beta carotene, serta asam esensial.
NIKMATI SYRUP ROSELLA
NIKMATI SECANGKIR/SEGELAS TEH BUNGA ROSELA
Manfaat dari teh bunga rosela sebagai berikut:
  1. Dapat meningkatkan Stamina dan daya tahan tubuh.
  2. Teh bunga rosella bersifat detoksifikasi (menetralkan racun).
  3. Dapat meredakan batuk kronis.
  4. Dapat menetralkan racun (detoknisasi).
  5. Dapat menghilangkan pusing atau migren.
  6. Membantu menurunkan hipertensi serta  kolesterol.
  7. Dapat membuat langsing tubuh karena mampu menurunkan berat badan. Untuk wanita, hal ini sangat bermanfaat.
  8. untuk anak-anak (khususnya), dewasa juga bagus karena bunga rosella mengandung OMEGA3, maka dapat memacu pertumbuhan DHA.
  9. Membantu menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes.
  10. Membantu mengurangi panas dalam & sembelit.
  11. Mebambah gairah SEX dan bikin tambah lama.
  12. Manfaat luar biasanya bunga rosella merah dapat juga membantu para pecandu. Misal perokok dapat mengurangi dampak negatif nikotin atau bermanfaat untuk  mengurangi ketergantungan terhadap narkoba.
  13. Rosella merah bisa menghaluskan kulit serta mengurangi keriputan.
  14. Rosella dapat meredakan batuk kronis.
  15. Menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, asam urat, kolesterol tubuh, dan maag menahun.
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Beberapa manfaat lain dari teh merah bunga rosella: kanker, tekanan darah tinggi ( hipertensi ), batu ginjal, batuk, lemah syahwat, lesu, demam, tekanan perasaan, gusi berdarah, penyakit kulit, gigitan serangga, luka, serta kurang darah.
Untuk menyajikan teh bunga rosella, silahkan menyiMak cara penyajian di bawah ini:
Pertama, Ambil 3 smpai 6 kelopak bunga rosella kering ke dalam cangkir atau  teko, tuangkan kurang lebih 300 cc air panas/ hangat (secukupnya).
Kedua,  teko atau cangkir  di tutup rapat, tunggu 5 sampai 15  meni. Kemudian, bunga rosella  diaduk (sesuai selera untuk mendapatkan warna yang diinginkan). The bunga rosella sudah siap untuk diminum.  Anda juga dapat menambahkan gula atau madu secukupnya untuk memberi rasa manis serta segar.
PERBEDAAN ROSELA UNGU DAN ROSELA MERAH
PERBEDAAN ROSELLA MERAH DENGAN ROSELLA UNGUH
Perbedaan teh bunga rosela merah dengan teh bunga rosela unguh (unguh) yaitu dari rasa dan manfaatnya. Teh bunga rosela unguh rasanya lebih nikmat serta manfaaatnya lebih bagus.  Bunga rosela unguh lebih besar dari pada bunga rosela merah.  Bunga rosela unguh (ungu) sulit ditemukan di pasaran karena sulit tumbuh dan  membutuhkan perawatan lebih. Kalaupun ada di pasaran, bunga rosela ungu cepat habis terjual.
Jika Anda membeli bunga rosela harap hati-hati jangan sampai tertukar atau dibohongin penjual. Rosela merah kalau kering  (lama) warna berubah menjadi gelap seperti warna rosela unguh. Rosela ungu (unguh) yang belum lama (masih agak basah) warna juga menyerupai rosela merah.  Harga rosela ungu (unguh) dua kali lipat harga rosela merah.

3 komentar:

  1. Kami menjual Rosella ungu dengan harga Rp. 105.000/500gram
    Apakah terlalu mahal?
    KC Nurseries Bogor
    081384824904

    BalasHapus
  2. Terlalu mahal, karena sesama anak bangsa yang sedang mengalami sakit.

    BalasHapus

Blogroll

About